Something inside my minds

Berdoa dengan mengangkat tangan

Posted by dnux on April 13, 2007

Imam Nawawi telah mengumpulkan lebih dari 30 hadis mengenai masalah mengangkat doa dalam kitab Syarah Al-Muhadzdzab dari dua kitab sahih (Bukhari dan Muslim) dan lain lain. Sedangkan Imam Al-Mundzir telah mengumpulkan satu juz dalam masalah tersebut (30 hadis) (Al Qasthalani, juz 2, halaman 31)

** dipetik dari buku “Terjemahan Al Minhajul Abidiin” oleh Drs Mashuri Sirojudin Rijal hal 87, penerbit Sinar Baru Algesindo**

Sebagai informasi, hadits mengangkat banyaknya riwayat bahwa Rasulullah selalu mengangkat tangan ketika berdoa sering dijadikan contoh dari hadits “mutawatir maknawi” dalam kitab kitab mustalahatul hadits (setidaknya yang saya baca).

Sebagian orang berpendapat bahwa Rasulullah SAW tidak mengangkat tangan ketika berdoa bersandar pada Riwayat Anas dalam Sahih Bukhari Muslim “bahwasanya Nabi SAW tidak mengangkat dua tanga nnya dalam suatu doa’pun kecuali doa istisqo. Sesungguhnya beliau mengangkat tinggi dua tangannya takala berdoa istisqo sehingga terlihat putih kedua ketiaknya“. Namun bila disimak, dalam hadits lain pun Anas RA meriwayatkan bahwa Rasulullah mengangkat tangannya untuk berdoa ketika masuk Islam-nya Khalid Bin Walid (Riwayat Bukhari dan Nasa’i, AlQathalani juz 9).

Dengan demikian  maksud dari hadits Anas RA bahwa Rasulullah SAW itu “tidak mengangkat tangannya” ketika berdoa adalah “mengangkat tangan tinggi tinggi (menjulang ke atas)” ketika berdoa. Hal tersebut dipertegas sendiri dengan perkataan Anas RA dalam hadis tersebut yaitu “hingga terlihat putih kedua ketiaknya”

Dengan demikian jelaslah bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW selalu berdoa dengan mengangkat tangannya dan lebih meninggikan lagi tangannya ketika berdoa istisqo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: