Something inside my minds

Tidak Ada Mimpi dalam Kamus Hidup Saya

Posted by dnux on April 23, 2007

Karena Allah SWT sendiri telah berfirman “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum hingga kaum itu merubah keadaan mereka sendiri“.

Makna yang saya tangkap dari ayat ini adalah : Allah menjanjikan bahwa kita bisa mewujudkan keadaan yang kita inginkan bila kita memang “serius” didalam mewujudkannya, yakni melakukan perencanaan yang matang, membangun dan menguji strategi yang dipergunakan serta tentu saja melangkah ke arah perubahan tersebut setingkat demi setingkat.

Perubahan yang kita harapkan memang hanya akan menjadi mimpi bila kita tidak serius dalam mewujudkannya. Tidak mensetup target target pencapaian harapan tersebut. Ibarat kata “tidak akan mungkin orang juara olimpiade lari 100M bila cuman sekedar pakai baju lari lalu duduk dipinggir kolam renang membaca kisah hidup Ben Johnson saja, tapi harus mencoba lari dan berjuang tidak patah semangat seperti Ben Johnson“.

Demikian juga “kita tidak akan menjadi umat terbaik hanya dengan membaca sirah Rasul atau sirah sahabat saja tanpa melakukan aktivitas yang dikerjakan oleh mereka. Atau hanya mencontoh sebagian dari amal mereka dan meninggalkan sebagian amal yang lain. Ini berarti kita serius sebab kita tidak kaffah menapak tilasi jejak langkah mereka dalam mewujudkan Umat yang Terbaik

dnux say : Sesuatu itu hanya menjadi mimpi apabila tidak serius untuk mewujudkannya. Beda antara pecundang (looser) pan pejuang (fighter) adalah bahwa pecundang itu hanya bisa bermimpi, sedang pejuang selalu berusaha mewujudkan keinginannya,  meski kadang kadang hasilnya sama, yaitu tidak meraih sesuatu yang diharapkannya. Namun seorang pejuang mendapatkan sesuatu yang berharga berupa kebahagiaan, sedangkan pecundang hanya terus terkungkung dalam perasaan ketidakmampuannya. 

Semakin keras dakwah dan semakin besar ujian yang didapat dari jalan dakwah, semakin besar kebahagiaan yang didapat, sebab seorang pejuang dakwah setidaknya telah berhasil mengaktualisasikan keinginan mereka terdalam untuk membuktikan sejauh mana mereka pantas mendapatkan cinta dan ridho-Nya

Bahkan Allah sendiri memotivasi kita untuk tidak hanya sekedar bermimpi. Dalam QS ArRahman:33 yang artinya “Hai kalian semua jin dan manusia, jika kalian sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan

Kita dipacu untuk mewujudkan keinginan kita menembus bumi dan langit. Terbukti pada abad 20 ini manusia sudah bisa meluncurkan pesawat angkasa bahkan satelit satelit tanpa awak yang melanglang sekitar matahari dan yupiter. Bahkan dengan teropong bintang manusia sekarang mampu menjangkau alam yang jauhnya berjuta juta tahun cahaya jaraknya.

Oleh karena itu, janganlah anti utopia. Tidak ada kamus mimpi ataupun utopia dalam diri saya. Andaikan yang saya bayangkan itu adalah sesuatu yang muluk menurut anda, maka itu bisa jadi mimpi bagi anda namun bukan bagi saya. Karena bisa jadi anda tidak sanggup membayangkan cara mewujudkannya, sedangkan bagi saya semua itu sangat jelas tergambar dan telah menjadi perencanaan jangka panjang, yang layak untuk diperjuangkan dan dikerjakan.

Karena itu juga, saya dalam menerjemahkan kepanjangan huruf A dalam singkatan SMART, saya lebih suka menyebutnya itu adalah singkatan dari ATTAINABLE bukan ACHIEVABLE. Karena attainable benar2 diyakini dan diperhitungkan  dengan matang bahwa itu bisa tercapai, sedangkan achievable baru menunjukkan “probability” pencapaiannya dan masih mengandung unsur mimpi, terasa belum/kurang melakukan perencanaan strategis untuk mencapainya.

Yang penting itu kita jangan terlalu panjang angan dan sekaligus jangan terlalu pesimistis. Always Keep on Fighting Bro .. Ubahlah mimpi menjadi visi atau tinggalkan mimpi itu sama sekali. Jadilah Visionaris, yang selalu menebar cita cita tinggi dan melakukan aktivitas meraih cita cita itu, bukan sekedar menjadi pemimpi  ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: