Something inside my minds

Sanjaya di Rimba American Idol – fenomena berpalsu ria

Posted by dnux on April 25, 2007

Aksi pas-pasan Sanjaya musti terhenti di panggung American Idol putaran ke 6 di babak ke 7 – Kamis 19 April 2007. Ya sebenarnya sih nggak masalah … saya sendiri juga ragu apa Sanjaya itu juga bisa lulus di acara Indian Idol sekalipun (ada nggak ya ? kalau Indonesian Idol kan ada ..)

Publik Amerika pun selama putaran AI-6 juga mengalami goncang ganjing antar kubu yang mendukung Sanjaya dan kubu yang membenci Sanjaya. Publik-pun heran, bagaimana seorang Sanjaya dengan aksi pas-pasan itu bisa bertahan hingga 12 besar. Beberapa asumsi dan teori pun bermunculan, termasuk yang berteori bahwa keberadaan Sanjaya disana sengaja “dipelihara” oleh televisi untuk semakin meluaskan sentimen anti pendatang Asia khususnya pendatang dari India yang saat ini memang bejibun jumlahnya di Amrik dan merebut pasar kerja IT disana. (Republika 15 April 2007)

Begitulah nasib pendatang di sono, disukai kaum kapitalis karena sebagai tenaga kerja murah, dan sekaligus di benci oleh penduduk lokal karena merebut pasar kerja, ataupun juga karena isu terorisme dan penetrasi kebudayaan.

Modal rambut Sanjaya pun tidak menolong dirinya. Dan saya cukup prihatin dan kasihan melihat dirinya  berjambul ria potongan rambut Mowhak, atau saat berpura pura menjadi sebagai seorang Latinas menyanyikan Besame Mucho.  Apakah memang perlu sedemikian kerasnya berpura pura menjadi native Amrik agar diterima oleh orang Amrik sebagai Idol, yang barangkali orang Amrik sendiri belum siap punya idol pendatang dari Asia. Lagian, seberapapun kerasnya kita berpalsu ria, orang akan tetap selalu melihat background kita, melihat the real of us and the inside of us. So, ngapain musti capek capek berpalsu ria ?

Btw, ini bukan ashobiya loh .. or fanatisme golongan. Tanbih ini cuman sekedar peringatan buat kita semua saja bahwa kita tidak perlu berpalsu ria merubah penampilan atau palagi jatidiri kita agar kita diterima orang lain. tak usah berpalsu ria menjadi orang buruk agar diterima oleh orang orang buruk.  Tidak usah sok preman agar diterima oleh para preman & ditakuti anak SD-SMP. Tidak usah juga menjadi sok habib agar diterima di kalangan para habib dan ulama. Tapi kalau niatnya emang pingin bergaul dengan orang bener agar jadi orang bener, maka jadilah orang bener beneran, dosa besar kalau mempermainkan agama dan ulama.

Berjalan-lah saja apa adanya. Dengan bersikap wajar orang akan berperilaku wajar juga pada anda. Mereka akan menghargai anda apa adanya, dan andapun tidak perlu repot ganti ganti topeng. Dan sebaliknya, orangpun tidak perlu menggunakan topeng untuk bergaul dengan anda.   — Jadi inget lagu HIO-nya Swami  —

Andaikan ada yang tidak suka dengan diri kita sebenarnya, maka … itu adalah wajar. Kita tidak bisa membuat semua orang suka pada kita. Apa kita juga musti bikin setan menjadi suka pada kita agar tidak diganggu sama mereka ? Lha wong sampai kapanpun yang namanya setan dan iblis itu juga tidak akan pernah suka manusia kok. Dan kalaupun Setan dan iblis menyukai manusia yang telah menjadi budaknya, sebenarnya itupun tidak dengan tulus ikhlas. Karena mereka telah ditetapkan memusuhi manusia sampai kiamat.

Maka, cukupkanlah kita juga hanya menjadi hamba yang mencintai dan dicintai-Nya, dan dicintai oleh mereka yang ikhlas mencintai-Nya. Hasbunallahi wa ni’mal wakiil, ni’mal maula wa ni’man nashiir.

2 Responses to “Sanjaya di Rimba American Idol – fenomena berpalsu ria”

  1. Iyad said

    Suka nonton idol juga ya pak..?😉

  2. dnuxminds said

    Kagak juga, sekarang pun tidak ngikutin banget …sekedar lewat saja. Dulu nontonya pas puteran 1 saja. Puteran 2-5 kagak ngikutin.

    Kebetulan waktu itu awalnya ogut gak sengaja nonton seleksi awal AI-6 & pas Sanjaya itu. Kaget waktu dia bisa lolos. Karena tumben ada “pendatang” bisa diterima di AI, sama kakaknya lagi .. Ane duga ini bakal fenomena yang bakal seru. Betul saja, ternyata akhirnya emang jadi debat seru di Amrik & menjadi fenomena sosial ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: