Something inside my minds

Ketentuan Perjalanan yang Diperbolehkan untuk Berbuka Puasa.

Posted by dnux on September 13, 2007

Dalam firman Allah di  surat AlBaqoroh 184 dan 185, terdapat indikasi bahwa musafir diperbolehkan untuk tidak berpuasa, yaitu { فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ  }yang artinya “Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain

Dzohir ayat ini menunjukkan kebolehan mutlak bagi musafir untuk tidak berpuasa. Keterangan ini bisa membawa pengertian bahwa siapapun yang telah safar dan menempuh jarak minimal untuk qoshor (4 barid atau sekitar 78 km) untuk tidak berpuasa. Dan saya menyaksikan sendiri banyak orang yang berpresepsi demikian, sehingga dengan gampangnya berpergian naik pesawat Balikpapan – Jakarta atau berpergian Balikpapan – Samarinda atau Jakarta – Bandung dengan tidak berpuasa dengan alasan safar.

Sedangkan para imam madzhab tidak berpendapat demikian (kecuali madzhab dzahiry yang memutlakkan kebolehannya berdasarkan ayat tersebut diatas). Dalam kitab Tafsir Ayatil Ahkam, Imam Ali Ash-Shobuni menyampaikan pendapat mereka sebagai berikut :

  • Al-Auzai berpendapat bahwa perjalanan yang diperbolehkan untuk berpuasa adalah minimal sehari
  • Imam Syafi’y dan Imam Ahmad berpendapat bahwa perjalanan minimal 2 hari 2 malam dengan perkiraan jarak sejauh 16 farsakh (sekitar 78 km)
  • Imam Hanafi dan Ats-Tsauri berpendapat bahwa perjalanan minimal 3 hari 3 malam dengna perkiraan jarak sejauh 24 farsakh (sekitar 117 km)

Dari tiga keterangan tersebut dapat kita pahami bahwa para imam berpendapat bahwa perjalanan yang diperbolehkan untuk mengambil rukhshoh adalah perjalanan dengan jarak tempuh minimal sehari perjalanan. Karenanya tidak pantas bagi kitabagi kita bila hanya menempuh perjalanan setengah hari (apalagi dengan mobil AC dan pesawat) untuk meringankan diri berbukan puasa. Allah memang menghendaki kemudahan bagi hambanya untuk beribadah kepadanya sebagaimana firmannya dalam AlBaqoroh ayat 185 {   يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ   } (Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu) . Tapi bukan berarti jangan menganggap sesuatu yang sebenarnya mudah menjadi hal yang sultit sehingga mengentengkan diri meninggalkan puasa Romadhon

Adapun bila perjalanan itu memang sangat memberatkan seperti naik onta ditengah teriknya padang pasir atau berjalan kali melintasi gunung dan bukit yang terjal dan melelahkan, maka jumhur berpendapat boleh mengambil rukhshoh dan boleh juga tetap meneruskan puasanya bila merasa yakin bahwa perjalanan beratnya itu tidak akan menggangu puasanya.

وَعَنْ حَمْزَةَ بْنِ عَمْرٍو الْأَسْلَمِيِّ رِضَى اَللَّهُ عَنْهُ; أَنَّهُ قَالَ: ( يَا رَسُولَ اَللَّهِ! أَجِدُ بِي قُوَّةً عَلَى اَلصِّيَامِ فِي اَلسَّفَرِ, فَهَلْ عَلَيَّ جُنَاحٌ? فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ” هِيَ رُخْصَةٌ مِنَ اَللَّهِ, فَمَنْ أَخَذَ بِهَا فَحَسَنٌ, وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَصُومَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ ” )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari hadits Aisyah bahwa Hamzah bin Amr Al Aslami bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apakah aku berpuasa dalam keadaan safar?” Rasulullah menjawab, “Jika engkau berkehendak maka shoumlah, jika tidak maka berbukalah.” (H.R. Muslim).

Terlebih lagi sangat sayang sekali bila kita kehilangan pahala puasa Romadhon yang disediakan-Nya dengan tiada batas hanya untuk sebuah perjalanan yang sebenarnya tidak menyulitkan bagi kita. Allah menekankan { وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ  } artinya “Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al-Baqoroh : 184)

Demikianlan pandangan saya mengenai Ketentuan Perjalanan yang diperbolehkan untuk Berbuka Puasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: