Something inside my minds

Halalkah menggunakan kondom? Adakah Kondom Halal ?

Posted by dnux on December 12, 2007

Silahkan dijawab ? Ada gak kondom bersertifikasi halal ? Kalau sabun kan banyak .. Pasta gigi juga sudah mulai ada .. Sampo ? sulit sekali cari yang ada logo halalnya. Padahal syarat dari sebuah doa itu mustajab atau tidak adalah bila pakaian kita tidak najis. Lalu bagaimana bila pakaian kita najis ?

Mengenai kondom, saya lihat di wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/AIDS disitu tertulis ” … Pihak produsen kondom menganjurkan bahwa pelumas berbahan minyak seperti vaselin, mentega, dan lemak babi tidak digunakan dengan kondom lateks karena bahan-bahan tersebut dapat melarutkan lateks dan membuat kondom berlubang ..” Artinya, ada sebagian dari kondom yang menggunakan pelumas berbahan lemak babi.

Di website http://www.patentstorm.us/patents/6297278-description.html juga disebutkan baha jeli kondom juga mengandung gelatin (1.5 pts) dan juga glyserin (10.0) pts. Sedangkan sementara ini data terakhir yang diperoleh dari Pharmacorp menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen gelatin yang beredar saat  ini  berasal  dari  babi, dan hanya 35 persen yang berasal dari sapi (http://whypermadi.wordpress.com/2007/05/01/gelatin-babi-pada-kapsul-lunak/). Demikian pula gliserin yang hingga sekarang ini juga masih menggunakan bahan yang salah satunya adalah babi.

So ? kondom berpelumas yang beredar saat ini bisa dikatakan sangat syubhat. (ada gak sih yang tidak berpelumas ?) Karena kemungkinan mengandung gliserin dan gelatin yang kemungkinan berasal dari bahan babi (kemungkinan diatas kemungkinan). Sebaiknya – menurut saya – meski menggunakan kondom itu tidak masalah sebagai suatu alat kontrasepsi (tidak haram), namun karena tidak disebutkan atau dicantumkan kehalalan-nya maka sebaiknya tidak usah digunakan.  Ganti saja metode kontrasepsinya …

Pertama ? apa kita mau menggunakan sesuatu yang syubhat.  Kedua ? Bila sesuatu yang syubhat itu benar benar mengandung babi, gimana nasib sholat istri kita yang padanya masih menempel bahan babi ? Diterima tidak kira kira ?

Daripada Abu Hurairah telah berkata : Rasulullah s.a.w menyebut tentang seorang pemuda yang bermusafir dalam perjalanan yang jauh, hal rambutnya kusut masai, mukanya berrdebu di mana dia mengangkat tangan ke langit : Wahai Tuhanku … wahai Tuhanku… sedangkan makanannya haram, minumannya haram dan pakaiannya haram..Dan dia dibesarkan dengan memakan makanan haram maka bagaimana Kami mau mengabulkan doanya. (HR Muslim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: