Something inside my minds

definisi ikhlas (menurutku)

Posted by dnux on January 31, 2010

definisi adalah mafhum (persepsi) atau makna makna yang tertancap pada benak pencetusnya atau mereka yang mengambilnya. suatu definisi mencerminkan pemahaman pemikiran dan/atau ungkapan perasaan dari pencetus terhadap sebuah kata.

definisi bisa datang dari siapa saja yang memiliki pikir dan rasa atas sebuah kata. namun karena ikhlash adalah perkara hati tentu dalam masalah urusan hati ini definisi dari Imam Al-Qusyairi (ahli tasauf terkemuka) tentu lebih plong untuk disimak :

إفراد الحق سبحانه في الطاعة بالقصد، وهو: أنه يريد بطاعته التقرب إلى الله سبحانه دون أي شيء آخر؛ من تصنع لمخلوق، أو اكتساب محمدة عند الناس، أو محبة مدح من الخلق، أو معنى من المعاني سوى التقرب به إلى الله تعالى، ويصح أن يقال: الإخلاص تصفية الفعل من ملاحظة المخلوقين

Artinya : Ikhlas adalah mengesakan haq Allah swt dalam segala amalan ketaatan dengan niat, iaitu dia melakukan amalan ketaatannya hanyalah untuk menghampirkan diri kepada Allah swt, tiada apapun selain itu, iaitu mereka yang melakukannya kerana Makhluk, atau kerana ingin mendapat pujian mereka, serta kecintaan kepada pujian makhluk, atau apa jua sebab-sebab yang selain redha Allah. Boleh juga dikatakan, bahawa Ikhlas itu adalah pembersihan (niat) diri (semasa amalan) dari segala segala perhatian manusia. ( Al-Risalah al-Qusyairiah, tahqiq Abd Halim Mahmud, 1/443), dari http://www.zaharuddin.net/content/view/892/72/

asal muasal definisi yang beragam tentu diperbolehkan selama masih dalam koridor dari Rasulullah SAW, pernah suatu ketika menjelaskan keisitimewaan seorang ahli sorga yang hadir di majelis Rasulullah SAW dan orang itu tidak dianggap istimewa yang lainnya. Beliau menjelaskan keistimewaannya : Setiap gerak-gerik dan langkah perbuatannya hanya ia ikhlaskan semata-mata mengharapkan ridha Allah. Itulah yang membuat Allah menyukainya.”

Menurut Hafidz Abdurrahman (sebagaimana penjelasan umum pada ilmu mantiq/logika), sebuah definisi yang baik adalah bila memenuhi syarat (1) jami’ – menghimpuan merangkum (2) mani’ – mencegah/membatasi scope atau dari kemungkinan milik sebuah istilah lain (3) sesuai dengan realita (HA dalam Koreksi atas Kesalahan Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam) Artinya, definisi haruslah berupa penjelasan pikir dan rasa, bukan sekedar pengalaman rasa yang diungkapkan atau semacam tamsil pengandaian ibarat dll yang sebenarnya itu adalah deskripsi (penjabaran)

Dari segala literatur dan segala rasa yang saya dapatkan maka saya hendak menyimpulan sendiri sebuah definisi ikhlash yaitu :

melakukan perbuatan yang baik untuk mewujudkan hasil dunia dan/atau akhirat dengan tujuan mendapatkan ridho Allah SWT saja, tanpa mengharapkan puji dari manusia, jin ataupun syetan

penjelasan dalam definsi saya :

  1. ikhlas itu terjadi apabila ada amal, kalau tidak ada amal maka tidak terjadi hasil yang disodorkan kepada yang dipersembahkan
  2. amal itu harus yang baik atau setidaknya disangka baik oleh pelakunya, sebaba amal yang buruk pastilah tidak disodorkan kepada Allah SWT.
  3. amal itu harus maksimal, bila tidak maksimal maka sudah jelas tidak niat untuk mendapatkan sesuatu yang akan dipersembahkan. maksimal disini tidak sampai pada definisi ihsan (terbaik)
  4. digunakan istilah baik, bukan benar … sebab syarat amal diterima Allah SWT adalah ikhlas dan benar, sehingga istilah amal benar harus dikeluarkan dari definisi ikhlas, namun tetap secara realita bisa disaksikan amal yang ikhlas adalah amal yang baik atau disangka baik
  5. amal itu tentunya untuk mewujudkan hasil dunia dan/atau akhirat seperti orang bekerja, memasak, puasa, sholat dll. amal yang menghasilkan tujuan spesifik dunia seperti bekerja atau memasak tentu akan menghasilkan tujuan akhirat juga.
  6. tujuan mengharapkan ridho Allah saja. Ridho mencakup keseluruhan hal seperti pahala.
  7. tidak mengharapkan pujian. Yang tidak diharapkan adalah pujian saja, bukan hasil/imbalan. seorang bekerja tentu mengharapkan hasil imbalan baik itu sebagai pedangang, kantoran, petani dll
  8. manusia dari jin. menjaga dari pujian manusia atau jin baik yang nampak ataupun yang tidak nampak disekitarnya
  9. pujian syetan. artinya amal itu haruslah amal yang tidak dipuji syetan. syetan memuji manusia bila melakukan perbutan yang disenangi syetan yaitu amal2 ma’shiyat. ini sekaligus menguatkan kata “amal yang baik”

demikianlah ikhlash yang saya pahami. sebagai pembanding, berikut berbagai definisi ikhlas dari berbagai ulama …

  1. Menyendirikan Alloh sebagai tujuan dalam ketaatan.
  2. Membersihkan perbuatan dari perhatian makhluk.
  3. Menjaga amal dari perhatian manusia dan termasuk pula diri sendiri.
  4. Seseorang bermaksud melalui ibadahnya tersebut untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah dan mendapatkan keridhaanNya.
  5. Sesuatu yang paling mulia didunia
  6. Rahasia antara Alloh dan HambaNya yang tidak diketahui kecuali oleh malaikat yang mencatatnya.
  7. Membersihkan amal dari segala campuran.

(numpang kompilasinya http://els.fk.umy.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=3143)

Imam Fudhail bin Iyadh mengatakan “ترك العمل لأجل الناس رياء والعمل لأجل الناس شرك” Meninggalkan amal karena manusia adalah riya sedangkan melaksanakan amal karena manusia adalah syirik.

Wassalam
dwi

2 Responses to “definisi ikhlas (menurutku)”

  1. Definisi said

    Definisi…

    […]definisi ikhlas (menurutku) « Something inside my minds[…]…

  2. […] https://dnuxminds.wordpress.com/2010/01/31/definisi_ikhlas_menurutku/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: