Something inside my minds

Me-Yatsrib-kan Indonesia

Posted by dnux on October 31, 2011

Pikiran positif akan menghasilkan tindankan positif . Kita mengibaratkan negara dan masyarakat tempat kita hidup, apakah sebagai kota Makkah atau mengibaratkannya sebagai kota Yatsrib ??

Keseluruhan umat Islam saat ini di dunia ini berada pada periode Makkah, termasuk juga di Indonesia maupun di Arab Saudi. Makna periode makkah adalah dimana periode dimana aqidah dan syaraiat Islam tidak menjadi landasan dalam kehidupan sosial hukum kenegaraan. Inilah periode yang disebut dengan periode jahiliyah dimana situasinya sama ketika Rasulullah SAW masih berada di Makkah.

Eits .. banyak yang tersinggung karena dikatakan masyarakat sekarang sama dengan masyarakat jahiliah. Bukankah masjid ada dimana mana ? gerakan dzikir dimana mana ? bank syariah ? pesantren ? dll … kok bisa bisanya disebut masyarakat jahiliah ?

Sabar bro ..  dulu ketika Muhammad SAW di Makkah dan sudah diangkat menjadi nabi dan rasul sejak usia 40th dengan membawa agama Islam, tidak serta merta masyarakat Makkah langsung disebut masyarakat Islam. demikian jugaketika dakwah sudah berkembang ke semua kalangan dan sudah banyak orang sholeh menjaga ibadah dan pergaulannya, serta ada  juga masjid/mushola milik pribadi seperti milik Abu Bakar RA, namun toh waktu itu masih dalam kurun “periode jahiliah”. Baru disebut periode Islam ketika Rasulullah SAW menapakkan kakinya di bumi Hijrah, yaitu kota Yatsrib yang kemudian disebut Madinatun Nabi.

Karena itu, seluruh tanah arab dan seluruh dunia pada waktu itu kita sebut sebagai masyarakat jahiliah, walaupun di utara sana ada daerah Syam dan Mesir yang dihuni oleh banyak kaum Yahudi dan Nasrani yang mereka itu juga ada yang tinggal di tanah arab termasuk di Makkah dan juga di Yastrib.

Yang menjadi masalah adalah – dengan mengasosiakan pada keadaan masa lalu kala Nabi SAW berjuang sebelum hijrah – dimanakah dan seperti apakah wilayah kita tinggal ?? Apakah kita mengibaratkan negara dan masyarakat kita sebagai kota Makkah atau mengibaratkannya sebagai kota Yatsrib dimana kedua-duanya adalah kota jahiliah sebelum hijrah yang akhirnya memuliakan Yatsrib dan menghinakan Makkah hingga kelak ditaklukkan dalam Futuh Makkah

Apa bedanya ??  Kan sama saja …

Jelas sangat beda. Pikiran positif akan menghasilkan tindankan positif . 

Pikiran yang terbangun dengan mengasosiakan wilayah kita tinggal sebagai Makkah :

  • kita asosiasikan semua benda yang dikultuskan masyarakat adalah sebaga berhala berhalaseperti latta uzza yang harus dirobohkan atau dihancurkan
  • kita asosiasikan orang yang belum menerima dakwah sebagai abu jahal, abu lahab, walid bin mughirah, abu sufyan dll yang mana tidak ada ampun kecuali harus dicerca, dikafirkan dll
  • kita merasakan begitu banyak penghalang dalam dakwah dan sedikit peluang munculnya penolong, kita bersikap bertahan dan siap melawan propaganda dsb, gerah pada “penentang dakwah”
  • atau parahnya kita mungkin melihat masyarakat ini sebagai masyarakat yang kelak akan diperangi

Pikiran yang terbangun dengan mengasosiakan wilayah kita tinggal sebagai Yatsrib:

  • kita tidak melihat  benda yang dikultuskan masyarakat sebagai berhala yang mendominasi masyarakat
  • kita asosiasikan orang yang belum menerima dakwah sebagai Usaid bin Hudhair dan Sa’ad bin Mu’adz  yang kelak adalah penggerak masyarakat untuk menerima dakwah dan menjadi garda terdepan di medan pertempuran
  • kita merasakan begitu banyak peluang adanya penolong dakwah dan bersabar untuk mendapatkan pertolongan dari mereka
  • kita merasakan wilayah kita tinggal sebagai cikal bakal menyatukan hati-hati umat beriman

Karena itu, sudah selayaknya kita berpikir ulang untuk mengasossiasikan hal hal yang positif agar terbangun gerak dan pengaruh yang positif bagi kita maupun yang berinteraksi dengan kita. Meminimalisasi friksi dan kontraproduktif yang tidak perlu akibat pengaosiassian negatif kita sendiri.

Wallahu A’lam dnux 31/10/2011

tambahan 29 Mei 2015 :

yatsrib

One Response to “Me-Yatsrib-kan Indonesia”

  1. n4ndan said

    Reblogged this on [n4ndan].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: