Something inside my minds

Bolehkah ada lebih dari satu jamaah dakwah (berbilang) ?

Posted by dnux on May 24, 2015

memahami QS 3:104 ..
وَلْتَكُن مِّنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنْكَرِ وَأُوْلَـٰئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

maka muncul pertanyaan : Apakah makna { ولتكن منكم أمة } berarti hanya boleh hanya ada satu kelompok dakwah dan tidak boleh berbilang ?

Maka merujuk pada tafsirnya Imam Suyuthi – Durrul Mantsur tertulis disana :
“وأخرج ابن أبي حاتم عن مقاتل بن حيان في قوله { ولتكن منكم أمة } يقول: ليكن منكم قوم. يعني واحداً، أو إثنين، أو ثلاثة نفر فما فوق، ذلك أمة ”
Ibn abi Hatim dari Muqotil bin Hayyan mengatakan maksud dari ayat (Hendaklah dari kalian (ada) umat ) : Hendaknya ada dari kalian qoum yakni satu dua tiga kelompok atau lebih, itulah “umatun”

Jadi disini Imam Suyuthi menampilkan pendapat tentang bolehnya ada lebih dari satu kelompok ..

Biasanya pemahaman kelompok yang mengatakan tidak boleh berbilang itu dilandasi oleh ayat setelahnya yakni ..
وَلاَ تَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ تَفَرَّقُواْ وَٱخْتَلَفُواْ مِن بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلْبَيِّنَاتُ ٌ
dan jangan kalian seperti orang yg berpecah2 dan berselisih setelah datangnya bayinat (penjelasan)

Namun kemudian yang menjadi masalah adalah adanya satu pemahaman : tidak boleh berbilang kelompok dan hanya ada satu kelompok saja dengan manhaj tertentu dan seluruh orang mesti mengikuti kelompok dengan manhaj tersebut. Hal ini akan diperparah bila kemudian diikuti dengan klaim  مِن بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلْبَيِّنَاتُ  yang dimaksud bayinat adalah yang dari mereka atau yang sesuai dg pemahaman mereka 

Bila pemahaman ini ujung2nya adalah hendaknya seluruh manusia berada pada satu jamaah tertentu saja, maka pendapat ini juga salah sebab ayat 3:104 itu sendiri jelas menyebutkan منكم (dari kalian), bukan semuanya ..

Imam Qurthuby dalam tafsirnya mengatakan makna makna min dalam ayat itu ada dua penafsiran, yang pertama للتبعيض yakni bermakna sebagian, yang kedua adalah  لبيان الجنس untuk menjelaskan jenis kelompok tsb. Namun menurut beliau yg rojih adalah makna sebagian.

Karena itu tidak diwajibkan semua orang masuk kelompok tersebut, cukup sebagian saja khususnya adalah para ulama yang memahami hukum2 agama. Hal ini juga menunjukkan bahwa amar ma’ruf nahi mungkar adalah fardhu kifayah .. 

wallahu a’lam ..
dnux 24 Mei 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: